Cara Merawat Aki Kering Mobil Agar Awet dan Tidak Ngedrop

Cara Merawat Aki Kering Mobil Agar Awet dan Tidak Ngedrop

Cara merawat aki kering mobil agar tetap awet tidaklah sulit. Inilah yang menjadi kelebihan penggunaan aki kering. Tidak perlu perawatan intensif atau bebas (maintanance free). Sementaran untuk perawatan aki basah sangat diperlukan secara rutin. Yang menjadi kekurangan aki kering dengan aki basah adalah harganya. Aki kering harganya jauh lebih mahal dibandingkan dengan aki basah. Itulah yang menjadi beberapa hal kelebihan maupun kekurangan dari kedua aki tersebut.

Aki atau baterei ialah salah satunya sisi terpenting dari suatu kendaraan, termasuk juga mobil. Ini karena aki adalah sumber hanya satu untuk supply daya listrik buat kendaraan.

Ada dua type aki kendaraan bermotor – baik mobil atau sepeda motor – yakni: aki basah serta aki kering. Akan tetapi, kesempatan ini mari kita ulas tentang aki kering. Ini karena aki kering lebih umum dipakai oleh kendaraan jaman saat ini. Pabrik sendiri pilih pemakaian aki kering dibanding dengan aki basah karena kelebihannya. Perform yang dibuat oleh aki kering lebih tahan lama dan bagus. Bahkan juga, tidak butuh ribet merawatnya!

Walau menjaga aki kering agar awet tidak ribet, tetap harus perlu perhatian spesial, ya! Nah supaya kendaraan bermotor yang dipunyai – terutamanya mobil – awet, baca beberapa panduan menarik tersebut masalah perawatan aki mobil.

Cara merawat aki kering mobil agar awet

cara merawat aki kering mobil

Aki kering ini seringkali dikatakan sebagai aki Maintenance Free Bateray yang bermakna aki kering itu bebas isi lagi. Pada aki kering ada gel di dalamnya yang berperan untuk ganti cairan asam sulfat pada aki basah. Gel pada aki kering berbentuk susah menguap serta bahkan juga kalau menguap juga karena itu uapnya akan kembali pada dalam aki kering, oleh karena itu aki kering tidak membutuhkan pergantian atau isi lagi air aki seperti pada aki basah.

Aki kering mempunyai kelebihan yaitu arus yang dibuat semakin besar serta lebih bertahan lama. Hingga aki kering ini banyak dipakai pada sepeda motor sekarang ini terpenting sepeda motor yang sudah memakai skema EFI atau Injeksi. Akan tetapi aki kering harus tetap memperoleh perawatan supaya bertahan lama serta awet bahkan juga sampai 5 tahun. Di bawah ini ialah langkah menjaga aki kering pada kendaraan roda empat Anda:

1. Periksa elektronik aki

Yakinkan dengan pastikan perlengkapan elektronik sebelum mematikan mesin. Beberapa perlengkapan elektronik seperti lampu interior, lampu parkir, lampu depan, wiper, radio, alarm mobil dan navigasi GPS serta pemutar musik serta video – yakinkan semua piranti itu dimatikan. Ini karena piranti elektronik yang dilewatkan hidup walau sebenarnya mesin mobil mati akan kuras daya aki kering di mobil. Lalu, bahkan juga dapat mengakibatkan kerusakan skema listrik pada mobil.

2. Jauhi karat dibagian terminal aki

Karat di bagian terminal aki akan turunkan usia aki. Menjadi, yakinkan untuk bersihkan karat pada terminal aki. Jika kamu tidak sudah sempat membersihkannya seseorang diri, luangkan hadir ke bengkel, ya! Montir akan menolong bersihkan karat dibagian terminal aki. Aki juga semakin lebih bertahan lama.

3. Periksa aki

Aki mobil yakinkan telah di-charge jika akan tidak memakai mobil kurun waktu satu minggu atau dua minggu ke depan.

Sebaiknya tidak biarlah aki kering pada mobil ‘kosong’ tidak terisi daya listrik kurun waktu yang lama. Oleh karenanya, panasi mobil dengan teratur meskipun sedang tidak memakai mobil kurun waktu lama yang akan datang. Ini supaya daya pada aki tetap akan terisi.

4. Periksa kabel

Check adakah kabel longgar serta check dudukan aki. Yang tidak kalah terpenting saat menjaga aki kering agar awet ialah mengecek dengan teratur adakah kabel longgar serta check juga dudukan aki. Dudukan aki yang tidak bagus alias berkarat kemungkinan akan membuat aki jadi tidak konstan. Ini karena tempat aki menjadi bergetar atau bertukar tempat Yang ada justru usia aki mobil menjadi semakin pendek. Walau sebenarnya harga aki kering mobil termasuk mahal, kan? atau mencari yang jual accu grosiran yang tambah murah?

5. Berkendara pada kecepatan 60 km/jam kurun waktu 10-20 menit

Langkah tersebut mempunyai tujuan untuk bikin pengisian aki dengan arus litrik yang full serta tidak setengah-setengah. Karena berdasar pada penilaian, motor yang jarang digunakan atau cuma digunakan berkendara dalam kecepatan rendah akinya cuma bisa bertahan kira-kira setahun sedang pada motor yang digunakan untuk berkendara dengan kecepatan tinggi meskipun cuma 10 menit aki kering itu akan bertahan sampai 5 tahun. Memang ini bukan patokan akan tetapi sahabat bisa berusaha untuk melakukan eksperimen mengenai ini.

6. Janganlah pakai aksesori tambahan pada kendaraan

Menggunakan aksesori penambahan pada kendaraan seperti lampu type HID yang lebih jelas atau klakson besar (melewati standarnya) akan menyerap arus litrik yang besar serta pada akhirnya bisa memperpendek umur baterei atau aki kering.

7. Janganlah pakai starter elektrik bila kendaraan susah hidup

Memaksakan untuk menggunakan starter elektrik yang terus-terusan sesaat motor tidak ingin hidup akan membuat aki kering cepat habis, karena baiknya mendesak starter elektrik ialah 5 detik saja. Bila lebih 5 detik serta motor tidak ingin hidup karena itu semestinya stop serta hentikan, lantas nantikan jeda 5 detik lagi baru mulai pencet lagi starter elektriknya.

Menjadi info saja, umur aki kering pada mobil umumnya sampai setahun. Menjadi, lebih dari umur itu – ada baikya untuk selekasnya ubah. Mobil akan menjadi lebih tertangani serta bisa dipakai untuk bermacam perjalanan yang kamu perlukan. Tak perlu ribet akan berlangsung mogok atau beberapa rusaknya yang justru membuat jadwal kamu molor. Tidak ingin, kan, gagasan tidak berhasil cuma karena aki mobil rusak serta perlu perbaikan? Juga demikian, saat waktu itu – yakinkan untuk teratur menjaga aki pada mobil.

Mudah-mudahan panduan yang dijelaskan di artikel ini akan bantu kamu mengawasi serta menjaga aki kering agar awet! Menjadi, tidak butuh banyak pengeluaran kurun waktu dekat. Silahkan aplikasikan beberapa panduan terpenting yang telah dijelaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.