Desa Adat Ratenggaro, Sensasi Magis yang Eksotis

Desa Adat Ratenggaro, Sensasi Magis yang Eksotis

Desa adat ratenggaro, sensasi magis yang eksotis. Kamu tau Desa Adat di Wae Rebo, kan? Rumah adatnya mempunyai atap yang berbentuk kerucut. Nah, Desa Adat Ratenggaro ini juga mempunyai bentuk rumah yang menarik, dengan atap yang menjulang tinggi dan lebih kotak dari Desa di Wae Rebo. Keduanya sama-sama eksotis, bedanya hanya kalau di Wae Rebo kamu harus hiking dulu, sedangkan di Ratenggaro letaknya pas di pinggir pantai. Lagi cari tiket pesawat ke Nusa Tenggara Timur (NTT)? Jangan lupa mampir ke desa ini, tepatnya di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. berjarak kurang lebih 40km dari Tambolaka. Sensasi magis dan eksotis sangat berbaur dengan syahdu!

Desa adat ratenggaro, sensasi magis yang eksotis

Desa adat ratenggaro, sensasi magis yang eksotis
Sumber foto: https://www.pegipegi.com/travel/wp-content/uploads/2018/03/shutterstock_674429737.jpg

Mesin waktu ke Zaman Megalithikum

Mesin waktu ke Zaman Megalithikum
Sumber foto: http://www.itchcreature.com/wp-content/gallery/sumba2014/img_6984-1-200-sec-at-f-13-iso-100-12-24mm-canon-eos-6d.jpg

Saat kamu masuk ke wilayah Desa Adat Ratenggaro, rasanya seperti naik mesin lorong waktunya Pak Haji dan Zidan! Karena masih terdapat kuburan batu tua di sekitar perkampungan. Katanya, sih, sudah ada sejak 4.500 tahun yang lalu, ketika zaman megalithikum. Wih! Makin yakin cari tiket pesawat ke NTT, nih. Reatenggaro sendiri mempunyai arti yaitu “Rate” yang berarti kuburan, dan “Garo” yang berarti orang-orang Garo. Pada zaman dahulu kala, saat masih terjadi perang antar suku, dipercaya bahwa suku dari penduduk yang saat ini mendiami desa ini berhasil merebut wilayah desa dari orang-orang Garo. Dulunya, suku yang kalah perang akan dibunuh dan dikubur di tempat itu juga. Jadi, bisa dibilang sama sekali gak ada orang Garo di Desa Adat

Ratenggaro, hanya kuburannya aja.

Cerita ini didukung oleh keberadaan 304 buah kubur batu yang 3 di antaranta berbentuk unik. Kubur batu ini terletak di pinggiran laut, kesan magis makin terasa saat kamu melihat sendiri kubur batu ini. Seru banget, deh, kalau mendengar cerita ini langsung dari penduduk asli Desa Adat Rotenggaro.

Rumah Adat di Desa Adat Rotenggaro

Rumah Adat di Desa Adat Rotenggaro
Sumber foto: http://bripoin.com/uploads/articles/64d9c5c919a2840617fe09ba483ac6e7.jpg

Seperti yang udah dijelaskan di atas, Desa Adat Rotenggaro memiliki rumah adat yang unik atau yang biasa masyarakat sekitar sebut dengan Uma Kelada. Rumah adat ini memiliki ciri khas menara menjulang tinggi yang mencapai 15 meter, bahkan ada yang tingginya 20 meter. Tinggi rendahnya atap didasarkan atas status sosial mereka. Mengusung bentuk rumah panggung yang terdiri dari 4 buah tingkat. Biasanya di tingkat pertama digunakan sebagai tempat hewan peliharaan, tingkat kedua untuk pemilik rumah, kemudian di tingkat ketiga untuk tempat menyimpan hasil panen dan tingkat teratas untuk meletakkan tanduk kerbau sebagai tanda kemuliaan. Cari tiket pesawat dan siapkan kameramu! Dijamin fotomu bakal hits saat foto dengan latarbelakang rumah adat Rotenggaro!

Huah! Makin gak sabar liburan! Atur rencana perjalananmu, pesan hotel dan cari tiket pesawat ke NTT sekarang juga! Indonesia masih luas, jelajahi dan tambah pengalamanmu. Mau apa ke mana aja? Gampang!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.