Istilah Pinjaman Tanpa Agunan ke Tunaiku, Ini 9 Hal Penting Tersebut

Istilah Pinjaman Tanpa Agunan ke Tunaiku, Ini 9 Hal Penting Tersebut

Istilah pinjaman tanpa agunan ke tunaiku. Dalam rangka memahami pinjaman tanpa agunan yang ada di Tunaiku, tentu harus tahu dulu istilah-istilah yang mewakilinya. Kadang-kadang, hal ini kerap disepelekan oleh calon nasabah. Hasilnya, mereka pun menanyakan pada customer service. Padahal informasi tersebut sudah ditayangkan via website maupun aplikasi. Inilah 9 istilah penting tersebut.

Istilah pinjaman tanpa agunan ke tunaiku

ini istilah pinjaman tanpa agunan ke tunaiku

1. Perjanjian

Sebuah ikatan antara nasabah dengan pihak bank itu bisa diwakili dengan istilah perjanjian. Dokumen ini dibuat dan terlebih dahulu ditanda-tangani oleh pihak bank maupun debitur. Dokumennya bernama SKK dan SKU. Dilampirkan pula perubahan yang mungkin terjadi dalam periode pinjaman tersebut. Biar nasabah yang pengajuannya disetujui juga tahu.

2. Hari Kerja

Sebagaimana bank-bank lain, Amar Bank yang menaungi Tunaiku juga memberlakukan jadwal teratur dalam sepekan. Di Tunaiku, selain hari Sabtu dan Minggu, termasuk hari buka. Jadi, lebih baik Anda tahan diri dulu untuk menanyakan ini-itu pada customer service di hari Sabtu-Minggu. Tunggu sampai hari selanjutnya tiba.

3. Informasi Rahasia

Sebaiknya, ketika Anda menjalin kerja sama yang sudah diikat dalam perjanjian, wajib menjaganya sebaik mungkin. Informasi yang menjadi media pertukaran kedua belah pihak. Akan tetapi, informasi ini tidak berkaitan dengan hal-hal yang bersifat bisa diakses oleh publik. Soalnya bagian ini sudah jadi kebijakan dari Tunaiku.

4. Rekening Kreditur

Jika membahas kreditur, maka tidak ketinggalan pula istilah rekening kreditur. Keduanya saling berhubungan. Biasanya, rekening kreditur itu mewakili nama dari perusahaan. Misalnya Tunaiku Amar Bank. Walaupun Anda tahu rekening pegawai bank, tetapi cicilan yang dibayarkan harus ke rekening Tunaiku. Biar bisa masuk data valid.

5. Tanggal Penarikan

Istilah dalam pinjaman tanpa agunan ini dikeluarkan oleh pihak bank. Kalau diterjemahkan ke bahasa debitur itu kira-kira tanggal untuk mencicil tagihan. Tepatnya pada hari yang disepakati. Biasanya sih bertepatan dengan hari ketika pinjaman diberikan oleh bank. Setelah itu, pihak bank akan mendebitkan sejumlah pinjaman dari rekening bank ke rek. Debitur.

6. Tanggal Jatuh Tempo

Sudah sering mendengar istilah ini? Sebetulnya, tanggal jatuh tempo itu ada pada hari yang ditetapkan dalam SKK, kecuali hari Sabtu dan Minggu. Kalau keadaannya begitu, maka pembayaran bisa dilakukan ketika Hari Kerja sudah aktif kembali. Jadi, makna dari tanggal jatuh tempo adalah tanggal pembayaran terakhir atas pokok pinjaman dan harus dibayarkan.

7. Suku Bunga

Banyak orang yang mengenal istilah ini, tetapi jarang yang memiliki keinginan untuk mendalaminya. Suku bunga yang ada di Tunaiku senilai 3%. Sedangkan jenisnya termasuk bunga flat atau tetap. Jadi, apa pun yang terjadi pada BI, nilainya tetap tiap bulan. Nantinya, jumlah suku bunga itu akan ditambahkan dalam cicilan pinjaman tanpa agunan.

8. Utang

Apa yang dimaksud dari utang adalah nilai uang yang dipinjamkan oleh bank. Termasuk bunga dan biaya administrasinya. Termasuk biaya keterlambatan apabila Anda dalam beberapa hari setelah tanggal jatuh tempo tidak lekas bayar cicilan. Termasuk juga kembalian uang yang dipinjam, pasti atau tidak pasti.

9. Rekening Debitur

Kalau rekening kreditur itu adalah rekening atas nama Tunaiku. Maka rekening debitur adalah rekening atas nama Anda. Apakah tidak boleh diwakilkan? Tidak boleh. Apabila mau diwakilkan, maka harus menetapi standar kebijakan dari Tunaiku maupun Amar Bank. Lebih baik sih ahli waris Anda langsung melunasinya biar aman.

Itulah 9 istilah yang ada dalam pinjaman tanpa agunan di Tunaiku. Kelihatannya sepele, ya? Tapi kalau diterapkan selama Anda menjalin kontrak perjanjian dengan Tunaiku, hasilnya akan sangat membantu. Bisa dibilang, 9 istilah itu merupakan dasar pengetahuan Tunaiku yang wajib diketahui oleh siapa pun yang ingin menjadi nasabahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.