Makanan Kuliner Khas Kuningan Jawa Barat Yang Nikmat

Makanan Kuliner Khas Kuningan Jawa Barat Yang Nikmat

Makanan kuliner khas kuningan jawa barat. Kuningan adalah salah satunya kabupaten di Jawa Barat. Meskipun tempatnya tidaklah terlalu jauh dari Cirebon, akan tetapi berlainan dengan Cirebon yang hawanya panas, Kuningan mempunyai udara yang sejuk. Udara sejuk Kuningan berikut yang membuat Kuningan begitu mungkin menjadi tujuan berlibur. Bukan sekedar berwisata sambil nikmati udara yang sejuk, Kuningan juga mempunyai beberapa kuliner lezat yang perlu Anda cicip.

Bagaimana sabahat portals pengen tau apa saja yang ke 11 makanan kuliner khas Kuningan jawa barat? Berikut referensi dari kami.

Makanan kuliner khas kuningan Jawa Barat

makanan kuliner khas kuningan jawa barat

1. Hucap

Hucap merupakan singkatan dari tahu kecap. Hucap adalah kuliner ciri khas Kuningan yang penyajiannya serupa dengan ketoprak atau kupat tahu. Beberapa bahan yang dipakai dalam seporsi hucap diantaranya merupakan tahu goreng, bumbu kecap, kuah kacang, serta kupat. Hucap yang di nikmati dengan bumbu kacang kental ini mempunyai citarasa yang lebih manis dibanding kupat tahu karena memakai kecap.

2. Nasi kasreng

Buat penduduk Kuningan terutamanya yang ada di daerah Luragung, nasi kasreng adalah salah satunya sajian favorite yang murah dan meriah. Nasi kasreng ini adalah nasi yang dibungkus seperti nasi kucing serta disantap dengan bermacam lauk-pauk. Lauk pauknya diantaranya merupakan: goreng ikan paray, pepes ikan paray, sambal, lalapan toge, gorengan, rebon, serta yang lain. Nasi kasreng bisa Anda jumpai di warung-warung di lokasi Kecamatan Luragung.

3. Sop buntut bakar

Sop buntut bakar merupakan salah satunya kuliner ciri khas Kuningan yang ditanggung akan membuat Klikers ketagihan. Buntut sapi yang sudah diolesi mentega dipanggang sampai kecoklatan. Buntut bakar ini lantas disajian dengan kuah kaldu yang gurih. Begitu lezat untuk disantap saat hangat. Anda bisa nikmati sop buntut bakar ini di Saung Lesehan Kuningan, Jalan Raya Kuningan – Cirebon, Desa Manis Kidul, Kecamatan Jalaksana.

4. Ketempling

Ketempling merupakan cemilan ciri khas Kuningan sejenig gemblong yang terbuat berbahan basic singkong. Ketempling ini mempunyai bentuk bulat kembung serta kosong dibagian tengahnya. Rasa-rasanya yang gurih serta teksturnya yang renyah jadikan ketempling menjadi rekan yang cocok untuk memakan bakso, mie, atau soto.

5. Tahu lamping

Tahu lamping (atau juga dikenal menjadi tahu kopeci) merupakan tahu asli Kuningan. Kuliner ciri khas Kuningan yang satu ini konon lebih lezat dibanding tahu sumedang. Tahu lamping ini mempunyai sisi dalam yang padat serta halus. Rasa-rasanya gurih. Mengenai pemberian nama ‘lamping’ ini mengacu pada tempat awal pembuatan tahu lamping/tahu kopeci, yakni di lamping (tepi) Gunung Ciremai.

6. Kwecang

Bisa disebut kwecang ini merupakan bakcang vs Kuningan. Kwecang yang memiliki bentuk serupa bakcang ini terbuat dari beras ketan yang dipadatkan, digabung dengan air apu, lantas dibungkus dengan daun bambu hingga aromanya ciri khas. Kwecang ini begitu nikmat untuk disantap bersama dengan ketempling, gemblong, serta keripik ciri khas Kuningan yang lain.

7. Rujak Kangkung

Salah satunya kuliner ciri khas Kuningan yang cukuplah unik merupakan rujak kangkung. Bila umumnya yang dirujak merupakan buah-buahan, karena itu ini yang dirujak merupakan kangkung. Daun kangkung yang di rebus di nikmati dengan bumbu rujak. Bumbu rujaknya memakai kombinasi gula merah, terasi, tomat merah, asam jawa serta cabe rawit hingga rasa-rasanya begitu pedas sekaligus juga beri kesegaran. Rujak kangkung ini rasa-rasanya memang lebih pedas dibanding rujak biasanya, terpenting karena struktur kangkung yang tidak berair seperti buah-buahan. Tetapi, rujak kangkung ini membuat ketagihan, lho!

8. Papais

Papais adalah olahan kuliner ciri khas Kuningan yang memiliki bahan basic beras ketan atau ketela pohon yang dibungkus daun pisang. Untuk papais yang terbuat dari beras ketan ada papais bugis yang berisi adonan parutan kelapa serta gula aren, ada pula papais monyong yang berupa kerucut dengan isi enten kacang hijau. Ada pula papais koci yang berwarna hijau dengan enten gula merah serta parutan kelapa. Ada juga papais yang terbuat dari ketela pohon, yakni nagasari yang dikasih isian buah pisang. Ada pula papais tanpa isi yang bercitarasa asin.

9. Kue satu kacang hijau

Kue satu kacang hijau adalah penganan ciri khas Kuningan yang terbuat dari kacang hijau yang disangrai lantas dihaluskan serta dicampurkan dengan gula halus lalu diciptakan.

10. Peuyeum ketan

Berlainan dengan peuyeum bandung yang terbuat dari singkong yang difermentasikan, peuyeum ciri khas Kuningan terbuat dari beras ketan. Umumnya yang dipakai merupakan beras ketan putih, akan tetapi ad jug yang memakai beras ketan merah. Beras ketan yang telah dikukus difermentasikan dengan ragi serta dibungkus dengan daun jambu. Perasaan serta aromanya begitu unik. Peuyeum ketan kuningan ini umumnya berwarna kehijauan. Warna hijau ini didapatkan berbahan penambahan daun katuk. Tidak hanya membuat penampilan peuyeum ketan berwarna kehijauan, daun katuk juga membuat peuyeum tidak mudah berair.

11. Keripik gadung

Keripik gadung adalah keripik ciri khas Kuningan yang terbuat dari umbi gadung. Tanaman gadung (Discorea hispida) memang banyak tumbuh di perkebunan di Kuningan. Gadung mesti di proses dengan benar, karena bila tidak gadung bisa beracun. Untuk menghilangkan toksin dari umbi gadung, umbi gadung yang telah dibikin bersih serta iris tipis mesti diperam dengan abu lantas dijemur. Sesudah dijemur, keripik gadung dicuci bersih lantas dijemur lagi sampai kering lantas digoreng. Keripik gadung mempunyai citarasa gurih dengan aroma bawang. Keripik gadung mempunyai struktur yang tidaklah terlalu keras dibanding keripik ubi atau keripik singkong. Akan tetapi, karena pengolahannya yang susah, keripik gadung tidaklah terlalu gampang didapati.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.