Perbedaan SBMPTN, UMB-PT, & Jalur Mandiri, Apa Sih?

Perbedaan SBMPTN, UMB-PT, & Jalur Mandiri, Apa Sih?

Perbedaan sbmptn, umb-pt, jalur mandiri. Kelulusan tentu membawa kebahagiaan tersendiri bagi siswa yang bersangkutan, namun, di samping itu, lulus dari sekolah khususnya jenjang tertinggi  memberikan konsekuensi yang lebih berat. Mereka akan dihadapkan pada pilihan bekerja atau melanjutkan kuliah. Bagi lulusan yang memilih untuk melanjutkan ke bangku perkuliahan, ketidaktahuan akan jalur masuk yang harus dipilih menjadi masalah baru.

Bagi siswa yang sudah diterima melalui jalur SNMPTN atau jalur tanpa tes tidak akan ambil pusing lagi. Karena, seleksi pertama kali yang diselenggarakan PTN (Perguruan Tinggi Negeri) adalah SNMPTN.

Nah, bagi yang belum lolos maka bisa dianjurkan mengikuti SBMPTN, UMB-PT atau jalur mandiri. Apa perbedaannya?

Perbedaan SBMPTN, UMB-PT, jalur mandiri:

Perbedaan sbmptn, umb-pt, jalur mandiri

Berbagi jalur masuk universitas untuk PTN dapat Anda ikuti, seperti SBMPTN, UMB-PT, atau jalur mandiri. Nah, untuk salah satu orang menanyakan ketiga tersebut, inilah perbedaan SBMPTN, UMB-PT, jalur mandiri? 

Penjelasan yang akan menjawab pertanyaan tersebut, berikut dibawah ini.

SBMPTN

Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau yang disingkat dengan SBMPTN, siapa yang tidak mengenalnya? Setelah SNMPTN, sistem seleksi yang satu ini telah meloloskan banyak calon mahasiswa baru ke dalam berbagai jurusan yang ada di banyak universitas negeri seluruh Indonesia. Hal yang perlu dicatat adalah bahwa seleksi ini hanya diikuti oleh perguruan tinggi negeri saja. Tidak termasuk perguruan tinggi swasta. Seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang diselenggrakan oleh Kementrian Ristek dan Dikti ini terbagi menjadi tiga kelompok ujian, yaitu kelompok Sains dan Teknologi, Sosial Humaniora dan Campuran.

Peserta dibebaskan memilih tiga jurusan yang diminati, tetapi salah satu dari ketiganya harus ada pada universitas yang berada di daerah tempat tinggal atau sekolah asal calon mahasiswa.

Pada tahun ini, ada hal yang berbeda dari SMBPTN, yaitu adanya tes berbasis komputer atau yang disebut dengan CBT (Computer Based Test). Ujian dengan sistem CBT ini akan secara otomatis ditutup apabila kuotanya telah terpenuhi.

Alur pendaftaran pada sistem seleksi ini, pertama peserta harus melakukan registrasi secara online pada situs resmi yang telah disediakan, selanjutnya peserta diharuskan membayar pada bank yang telah ditunjuk. Setelah menyelesaikan proses pembayaran, peserta akan memperoleh PIN dan Password yang bisa digunakan untuk login. Langkah selanjutnya, peserta dipersilakan untuk mengisi data, dan yang terakhir kartu peserta dapat dicetak.

UMB-PT

Baiklah, sekarang mari kita lihat penjelasan selanjutnya agar bisa lebih menjawab pertanyaan apa  perbedaan SBMPTN, UMB-PT, & Jalur Mandiri? Siapa yang belum mengenal UMB-PT atau Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi? Perbedaan yang paling nyata bisa dilihat dari namanya, yaitu Ujian Masuk Bersama Perguruan Tinggi. Nah, jika tadi SBMPTN, hanya diikuti oleh perguruan negeri di seluruh Indonesia, maka jenis seleksi ini juga diikuti oleh universitas swasta.

Informasi terbaru dari P-SPMBN atau Perhimpunan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru NUsantara yang sekaligus menjadi penyelengara seleksi ini, terdapat 13 Universitas Negeri dan 10 Universitas Swasta yang turut berparstispasi. Memang, seleksi yang satu ini sedikit kurang terkenal di kalangan calon mahasiswa, dikarenakan universitas yang tergabung masih terbilang sedikit. Sebelumnya, UMB-PT ini juga pernah mengalami fluktuasi universitas partisipan yang hingga akhirnya menjadi total 23 universitas negeri maupun swasta yang tergabung untuk saat ini.

Jalur mandiri

Jalur masuk universitas yang ketiga adalah Jalur Mandiri, atau dibeberapa universitas juga disebut seleksi mandiri. Jalur mandiri diselenggarakan oleh satu universitas saja. Berbeda dengan jalur SBMPTN atau UMB-PT yang jumlah partisipan universitasnya banyak. Selain itu, semua universitas juga bisa menyelenggrakan ujian mandiri ini, baik yang berstatus negeri maupun swasta. Biasanya, biaya pendaftaran antar universitas yang satu dengan yang lain berbeda. Selain itu, waktu ujian pun dilakukan sesuai dengan peraturan dari universitas penyelenggara. Sehingga arang bersamaan dengan universitas lain.

Jadi perbedaan SBMPTN, UMB-PT, Jalur Mandiri, terletak pada badan penyelenggaranya dari Kementrian Ristek Dikti, P-SPMBN, atau Universitas itu sendiri, kemudian macam pilihan jurusannya, daya tampung mahasiswa baru di setiap universitas, biaya pendaftarannya pn berbeda-beda antar tiga jalur masuk perguruan tinggi ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.